Kamis, 30 April 2009

PETUNJUK PRAKTIS UNTUK MENGETAHUI PENYAKIT KENCING MANIS (DM)

APAKAH DIABETES MELITUS ITU ?
Diabetes Melitus atau kencing manis adalah gangguan kesehatan yang disebabkan adanya peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan / penurunan fungsi hormon insulin.
APAKAH YANG DIMAKSUD HORMON INSULIN ?
Adalah hormon atau zat yang dihasilkan oleh kelenjar pangkreas yang bertugas memasukkan gula ke dalam sel. Di dalam sel gula digunakan sebagai bahan bakar atau sumber tenaga.
APAKAH PENYEBAB DIABETES MELITUS ?
Faktor pencetus diabetes melitus, antara lain : faktor keturunan, infeksi virus, kegemukan, pola makan yang salah, proses penuaan, stres, dll.
APAKAH GEJALA - GEJALA DIABETES MELITUS ?
Gejala Diabetes Melitus, antara lain :1. Mudah haus.2. Sering buang air kecil, terutama malam hari.3. Berat badan turun dengan cepat.4. Lemah, lesu.5. Kesemutan pada jari tangan dan kaki.6. Gatal-gatal.7. Penglihatan kabur.8. Gairah sex menurun.9. Luka sukar sembuh.10. Mudah lapar.
BAGAIMANA BILA GULA DARAH TINGGI ?
Apabila gula darah tinggi dalam jangka waktu lama akan menimbulkan komplikasi jangka panjang akibat keracunan glukosa yang antara lain : kebutaan, kaki busuk atau gangren, komplikasi pada ginjal, komplikasi pada jantung, komplikasi pada hati, darah tinggi, stroke, dsb.
BAGAIMANA CARA PENGELOLAAN DIABETES MELITUS ?
Ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan oleh penderita Diabetes Melitus :1. Pengaturan makan,2. Latihan jasmani secara teratur,3. Minum obat hipoglikemik atau suntikan insulin.Pengelolaan diabetes dimulai dengan pengaturan makan dan latihan jasmani (4-8) minggu. Bila gula darah masih belum terkendali baik, maka perlu diambahkab obat hipoglikemik yang diminum atau suntikan insulin.
Makanan diberikan dengan cukup kalori, komposisi seimbang. Karbohaidrat 60 – 70 %, lemak 20 – 25 % dan protein 10 – 15 %.Makan dibagi dalam 3 porsi utama (makan pagi, siang dan sore) dan 2 – 3 kali makan selingan. Untuk lebih jelas lihat Daftar Diet DM dari konsultasi gizi anda.
BAGAIMANA BILA MAKAN BERLEBIH ATAU KURANG ?
Bila makan berlebih akan mengakibatkan gula darah sulit turun atau justru akan naik.Bila makan kurang akan mengakibatkan gula darah turun di bawah normal (hipoglikemiaA).
APAKAH YANG DIMAKSUD HIPOGLIKEMIA ?
Hipoglikemia adalah keadaan yang terjadi bila kadar gula darah terlalu rendah, ini disebabkan karena ketidakseimbangan antara makanan yang dimakan, gerak badan dan obat yang digunakan.
APAKAH GEJALA HIPOGLIKEMIA ?
Gejala antara lain : berkeringat, dingin, gemetar, lemas, pusing, mata berkunang-kunang dan rasa perih di ulu hati.
APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA HIPOGLIKEMIA ?
Minumlah segera 1 gelas teh manis, atau makanlah gula dan melaporlah segera ke dokter anda.
BAGAIMANA LATIHAN JASMANI YANG DIANJURKAN ?
Program latihan jasmani yang dianjurkan adalah latihan aerobik secara teratur 3 – 4 kali / minggu @ 30 menit. Perlu ada penyesuaian kegiatan dengan kemampun kondisi penyakit penyerta.
KAPAN HARUS MINUM OBAT ?
Jika pasien telah melaksanakan program pengaturan makan dan latihan jasmani teratur namun pengendalian kadar glukosa darah belum tercapai, perlu ditambahkan obat hipoglikemik oral atau suntikan insulin.Pemberian obat hipoglikemik dan suntikan insulin harus sesuai petunjuk dokter.
APAKAH DIABETES MILETUS DAPAT SEMBUH ?
Untuk penderita diabetes tidak ada istilah sembuh, yang ada diabetes terkontrol. Hal ini dapat dicapai dengan senantiasa menyertakan kontrol metabolik yang baik tercermin pada normalnya kadar gula darah dan lemak darah :1. Kadar gula darah puasa : 80 – 110 mg/dl2. Kadar gula darah 2 jam sesudah makan : 110 – 160 mg/dl3. HbAlc : 4 – 6.54. Kadar kolesterol total : di bawah 200 mg/dl5. Kolesterol HDL di atas 45 mg/dl6. Trigliserida di bawah 200 mg/dl7. Tekanan darah (mmHg) < 140/908. IMT (Indek masa tubuh) wanita : 18.5 – 22.59. IMT (Indek masa tubuh) pria : 20 – 24.5

Berat Badan (kg)

IMT =
---------------------------------------------

Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar